01:43 Septi Liberty 1 Comments

Alasan Steak Dihidangkan Bersama dengan Sayuran


Daya tarik utama dari hidangan steak adalah tekstur daging yang lembut dan juicy serta pilihan sauce yang creamy. Sebagai pelengkap, biasanya steak disajikan pula dengan beberapa macam sayuran seperti wortel, buncis, sampai jagung. Sayangnya, tak semua orang menyukai dan memakan sayuran pendamping ini.

Namun, tahukah anda jika menyajikan sayuran sebagai hidangan pendamping steak memiliki manfaat tersendiri? Salah satu alasan untuk menyandingkan steak dengan sayuran adalah untuk melengkapi nilai kecukupan gizi dalam makanan ini. Daging yang diguakan sebagai steak adalah sumber protein yang baik, sementara itu, sayuran dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan serat dan beberapa vitamin, sedangkan kentang untuk melengkapi kebutuhan karbohidrat.

Sayuran yang umumnya dihidangkan bersamaan dengan steak adalah buncis, wortel, dan jagung. Berikut adalah beberapa manfaat dari ketiga jenis sayuran tersebut.

1. Buncis
Buncis tidak hanya sebagai penghias di piring steak. Buncis memiliki banyak manfaat. Kandungan fitonutrien, vitamin, dan mineral banyak terkandung di dalam buncis. Kandungan gizi yang terdapat dalam buncis sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya dapat untuk mengontrol glukosa, menjaga jantung tetap sehat, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem metabolisme dan kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi manfaat buncis lainnya untuk kesehatan.





2. Wortel
Wortel kaya kandungan vitamin A. Selama ini kita hanya sering mendengar bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Namun, bukan itu saja, wortel juga memberikan banyak khasiat lain untuk kesehatan tubuh, diperkaya dengan sumber serat, antioksidan dan kandungan mineral lainnya. Serat yang terkandung dalam wortel baik untuk pencernaan,  mengontrol kolestrol, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan buat para wanita, wortel dapat mencerahkan kulit.



3. Jagung
Jagung memiliki berjuta kebaikan untuk tubuh. Tanaman yang awalnya ditemukan di wilayah Mexico ini diyakini oleh para ahli dapat membantu mengendalikan diabetes, penyakit jantung, dan menurunkan risiko hipertensi. Selain itu, jagung juga dapat membantu mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan serta mencegah Alzheimer. 





Jadi, begitu banyak manfaat sayuran untuk tubuh kita bukan? Sebaiknya, makanlah steak bersama dengan sayurannya. Selain mendapatkan makanan lezat, perut kenyang, kita juga mendapatkan tubuh yang sehat :)



Oleh :
Sarah Jane Claresta
12140110074


1 comment: