6 Tips Memilih Daging Sapi

11:24 Septi Liberty 1 Comments

Cara Praktis Memilih Daging Sapi

Daging sapi adalah salah satu bahan dasar utama yang sering digunakan untuk membuat  hidangan steak. Salah satu syarat hidangan yang baik adalah menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan layak konsumsi seperti yang biasa digunakan oleh B & W Steak Cafe. Selain itu, memilih daging yang segar merupakan suatu keharusan agar terhindar dari berbagai penyakit yang tak diinginkan. Ini dia beberapa tips dalam memilih daging.

1. PERHATIKAN WARNA DAGING
Daging yang berkualitas baik memiliki warna merah segar, tidak pucat dan tidak kotor.

Daging segar

Daging busuk


2. TEKSTUR DAGING
Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang kenyal. Untuk mengetahuinya, tekan sedikit daging tersebut, jika kembali ke bentuk semula maka daging tersebut masih baru dan segar.

3. AROMA DAGING
Daging yang segar tentunya memiliki aroma yang segar dan tak berbau busuk.

4. TIDAK BERAIR
Jika anda membeli daging mungkin anda sering melihat cairan berwarna merah seperti darah. Namun cairan itu bukanlah darah melainkan sari dari daging tersebut. Daging normal memiliki permukaan yang relatif kering sehingga dapat menahan pertumbuhan mikroorganisme dari luar. Jadi pilihlah daging yang tidak berair / relatif kering.

5. KEEMPUKAN
Keempukan daging ditentukan oleh kandungan jaringan ikat. Semakin tua usia hewan, susunan jaringan ikat semakin banyak sehingga daging yang dihasilkan semakin keras/alot. Daging yang sehat akan memiliki konsistensi yang kenyal bila ditekan.

6. KANDUNGAN LEMAK (MARBLING)
Kandungan lemak adalah lemak yang terdapat diantara serabut otot. Lemak ini berfungsi sebagai pembungkus otot dan mempertahankan keutuhan daging pada saat dipanaskan. Marbling ini berpengaruh pada cita rasa masakan.

Kandungan marbling sedikit

Kandungan marbling banyak



Marcelina-1214011076

1 comment: