Yuk Kenali Tingkat Kematangan Steak!

12:15 Septi Liberty 1 Comments

"Tingkat kematangan steaknya?" "HAH? Maksudnya?"


Bagi orang-orang yang jarang mengkonsumsi steak pasti akan binggung saat ditanya olah pelayanan tentang tingkat kematangan steak yang diinginkan. Maka dari itu sebelum kamu mendatangi restoran steak, yuk kenali dulu tingkat kematangan steak agar tidak terlihat bodoh bila ditanya oleh pelayan restoran hehe :)

Tingkat kematangan steak


Ada beberapa tingkat kematangan steak, yaitu:

1. RARE
Pada tingkat ini kondisi daging ialah mentah.Bagian luar akan berubah warna menjadi merah muda sedangkan 75% bagian dalamnya masih berwarna merah dan berdarah. Inilah yang membuat daging menjadi lembut dan juicy. Daging (225gr) ini dimasak selama 1 menit setiap sisinya.

2.MEDIUM RARE
Pada tingkat ini kondisi daging hampir sama dengan RARE . Hangat, kecoklatan namun bagian tengah daging masih mentah. 50% daging telah terpanggang. Daging (225gr) dimasak selama 2 menit setiap sisinya.

3. MEDIUM
Pada tingkat ini bagian luar daging berwarna kecoklatan dan bertekstur kering serta lebih keras, namun bagian tengahnya masih bersemu merah muda hampir matang. Daging (225gr)  dimasak selama 2-3 menit setiap sisinya.

4. WELL DONE
Pada tingkat ini steak dipanggang matang sempurna. Warna coklat yang merata pada daging serta tekstur daging yang lebih keras karna kandungan air dalam daging telah menguap sehingga daging sama sekali tidak terasa juicy. Daging (225gr) dimasak selama 5 menit setiap sisinya.

Nah semoga info ini berguna untuk kita semua yah agar nggak malu-maluin bila ditanya oleh pelayan restoran steak..

Marcelina-12140110076

1 comment: