Variasi Saus Lezat Pendamping Steak

02:28 Septi Liberty 1 Comments





Ketika Anda memesan steak di restoran, Anda biasanya akan ditawari berbagai jenis saus sebagai pelengkap steak Anda. Saus-saus ini pun bervariasi, dari yang paling sering ditemui, yaitu black pepper hingga saus yang tergolong house made alias kreasi spesial staek house yang Anda kunjungi. Ingin tahu saus-saus apa saja yang dapat mendampingi steak favorit Anda? Simak artikel berikut:

1. Steak Sauce
Steak Sauce merupakan saus steak yang paling lazim ditemui. Steak Sauce ini biasanya lebih dikenal dengan nama brown souce. Brown sauce merupakan saus yang berasal dari Inggris Raya dan sudah sejak lama disajikan sebagai pendamping untuk makanan-makanan tradisional Inggris. Ketika steak mulai merajalela, brown sauce pun dipakai untuk mendampingi steak. Brown sauce umumnya memiliki warna kecokelatan atau orange gelap. Saus ini memberikan rasa asin, dengan variasi sedikit pedas dan asam. Rasa-rasa tersebut merupakan hasil dari kombinasi tomat, asam, vinegar, dan berbagai jenis rempah-rempah.

2. Black Pepper Sauce
Sesuai dengan namanya, saus yang satu ini memiliki rasa lada hitam yang sangat menonjol. Tentu saja, bahan utama yang digunakan untuk membuat saus ini adalah lada hitam dengan rempah-rempah seperti bawang putih. Berbagai restoran memiliki variasi yang berbeda untuk saus lada hitam yang ditawarkan. Di beberapa tempat, saus lada hitam yang disajikan hadir dengan tekstur lada hitam yang sudah tergiling sempurna. Namun, di beberapa restoran lain, black pepper sauce yang disajikan masih memiliki butiran-butiran lada hitam yang masih kasar dan belum tergiling sempurna. Saus ini merupakan salah satu favorit di banyak tempat karena membantu menghilangkan rasa amis pada daging steak, terutama steak yang dimasak pada tingkat kematangan rendah.

3. Barbecue Sauce
Barbecue sauce umumnya digunakan untuk membumbui daging sebelum dipanggang. Namun, ada pula variasi barbecue sauce yang dimasak dan digunakan untuk berbagai jenis makanan, salah satunya untuk steak. Rasa yang ditawarkan oleh barbecue sauce adalah asin, sedikit asam, dan kadang memiliki sedikit rasa manis. Menyerupai brown sauce, barbecue sauce juga terbuat dari campuran tomat dan rempah-rempah. Bedanya, barbecue sauce biasanya ditambahkan dengan saus mayonnaise atau mustard yang menghasilkan rasa yang sedikit asam.

4. Mushroom Sauce
Bahan utama dari saus ini tentu saja mushroom alias jamur. Saus dengan base atau dasar krim ini paling lazim ditemui sebagai pendamping makanan berbahan dasar daging, seperti steak. Rasa utama dari saus ini adalah asin karena terbuat dari jamur, butter, krim kental, lada, garam, dan bawang putih. Biasanya, ada pula yang membuat variasi dengan menambahkan keju parmesan untuk mendapatkan rasa asin yang sekaligus creamy serta tekstur yang lebih kental.

5. Teriyaki Sauce
Saus yang lazim ditemui pada makanan-makanan Jepang ini memiliki rasa yang cukup unik, yaitu asin, sedikit manis, dan sekaligus sedikit asam. Ternyata saus ini juga merupakan salah satu saus yang menjadi favorit banyak orang untuk mendampingi steak-nya. Saus teriyaki biasanya terbuat dari rice wine, kecap manis, gula, vinegar, dan minyak wijen.

Nah, di B&W Steak Cafe, tersedia 3 pilihan saus lezat yang siap mendampingi steak Anda, yaitu black pepper sauce, barbecue sauce, dan mushroom sauce. Mana yang menjadi favorit Anda? Selamat mencoba. ;)

(Article Authored by: Septi Liberty - 12140110015)


1 comment: